Sabtu, 14 Februari 2009

All About Me..

Sebelumnya gw pengen memberikan sedikit gambaran tentang seorang Wildan Lukman itu kayak apa sih???

Well, gw lahir tanggal 22 Mei 1983, pada hari Minggu Legi hehehe.. kata orang sih cowo yang lahir pada hari Minggu bakalan dikasih istri yang cantik. (hehehe.. amieen). Gw adalah anak ke 2 dari 4 bersaudara, gw punya seorang kakak cewek dan 1 orang adik cowok dan 1 adik cewek, jadi nya pas kita 2 pasang.

Gw berasal dari keluarga yang sederhana dan biasa aja, Bokap gw adalah seorang wiraswastawan, bener-bener seorang wiraswasta yang ngerjain apa aja yang penting bisa menghidupi keluarganya. Sempet jadi pedagang kelontong, peternak unggas, bertani, sampe (katanya) ketika gw kecil Bokap gw pernah merantau ke Sumatera untuk berbisnis gorden dan konveksi lainnya. Nyokap gw adalah seorang ibu rumah tangga yang juga memiliki naluri bisnis yang tinggi, jadi dari dulu ampe sekarang alhamdulillah bisa membantu Bokap dalam urusan finansial. Dulu Nyokap gw pernah bikin warung makan kecil-kecilan, usaha catering kecil-kecilan, usaha jajanan oleh-oleh khas Bandung, sampai sekarang memutuskan untuk membuka apotik kecil-kecilan di kota tempat tinggal kami (semuanya kok kecil-kecilan yaak hehe).

Oh iya, btw busway, kami sekeluarga tinggal di suatu kota kecil di luar kota Bandung (biasa disebut Bandung coret wahahaha) namanya Ciparay. Suatu kota kecamatan yang terletak di Kabupaten Bandung, sekitar 1 jam perjalanan dari Dago. Kami tinggal berenam bersama Nenek (ibunya Nyokap gw) yang alhamdulillah masih diberi kesehatan dan umur yang panjang oleh Tuhan (semoga terus diberi kesehatan, sehingga bisa melihat cucu mu ini sukses ya Mak). Bayangkan sekarang nenek gw udah hampir mau 80 tahun, tapi masih tetap sehat dan aktif.

Nah, berangkat dari keadaan ekonomi keluarga yang sederhana, gw dan saudara-saudara gw memang tidak diberikan fasilitas layaknya anak-anak jaman sekarang, begitu juga dalam hal pendidikan. Gw selalu bersekolah di sekolah negeri yang bayarannya cukup murah (tapi ya tau sendiri fasilitas di sekolah negeri kan seadanya). Meskipun demikian, Bokap dan Nyokap gw tau arti penting dari pendidikan. Mereka begitu gigih dan pantang menyerah untuk berusaha memberikan anak-anaknya pendidikan yang terbaik semampu mereka (and I'm really gratefull for that).

Pertama kali masuk jenjang pendidikan formal, gw dimasukkan ke suatu sekolah dasar negeri di Ciparay. Bersekolah di SD negeri tentu ada suka dukanya. Gw bahkan ngalamin tuh yang namanya sekolah beratapkan langit hehehe.. karena memang kondisi sekolah gw waktu itu yang benar-benar memprihatinkan. Teman-teman masa kecil gw juga berasal dari keluarga yang sederhana bahkan ada yang secara ekonomi jauh di bawah gw. Boleh dibilang gw bersekolah bersama anak-anak kampung lah. Tapi hal itu memberikan gw pengalaman-pengalaman unik yang mungkin udah gak bakalan lagi dialami oleh anak-anak lain yang beruntung dapat mengecap pendidikan di tempat yang lebih memadai. Gw juga merasa beruntung dan bangga bisa mempunyai teman seperti teman-teman masa kecil gw dulu. Mungkin nanti bisa gw ceritain sedikit pengalaman masa kecil gw, bersekolah di kampung, pada lain kesempatan.

Lulus dari SD, gw kembali bersekolah di sekolah negeri. Namun kali ini gw sedikit beruntung karena NEM (Nilai Ebtanas Murni) gw memungkin gw untuk bisa di terima di SMP favorit di kota gw (waktu itu NEM gw paling besar se-Ciparay, bahkan masuk 10 besar se-Kabupaten Bandung, boleh dong bangga dikit hehe..) namanya SMPN 1 Ciparay. Berbekal prestasi masa SD gw, nama gw mulai menarik perhatian para guru juga para senior. Hal terakhir itu, dikarenakan kakak gw yang cewe adalah salah satu senior gw juga. Karena kakak gw adalah senior gw juga, mati lah gw pada saat ospek. Gw selalu jadi korban (pada saat ospek) oleh kakak-kakak senior gw. Hampir tiap hari gw selalu diminta untuk melakukan hal aneh-aneh, dari mulai bernyanyi di depan ratusan murid lainnya, joget-joget, baca puisi, ampe disuruh nembak senior hahahahaha.

Gw sebenarnya adalah tipe cowok pemalu dan pendiam, apalagi sama cewe (hal ini juga selalu gw tekan kan pada orang lain yang baru pertama kenal), namun pengalaman masa SMP gw ini (terutama pada saat ospek) benar-benar mengharuskan gw untuk tidak menjadi diri gw sebenarnya. Akhirnya gw mengerti kapan gw bisa menjadi orang pemalu, dan kapan harus bisa memberanikan diri untuk dapat tampil dihadapan orang-orang. Prestasi gw pada saat SMP boleh dibilang memuaskan, baik dari segi akademis maupun keorganisasian (yaa seenggak nya bisa membanggakan orang tua lah..), karena gw termotivasi untuk bisa membalas perjuangan orang tua. Memberikan kebanggaan terhadap anaknya adalah salah satu yang bisa gw berikan kepada Bokap-Nyokap dan Nenek gw.

Masa SMP gw boleh dibilang hampir sama dengan masa SD. Gw (lagi-lagi) tidak bisa mendapatkan kesempatan untuk mencicipi semua fasilitas pendidikan seperti anak-anak jaman sekarang (entah itu karena tidak ada biaya, maupun karena tidak adanya fasilitas itu di sekolah kami). Ketika temen-temen gw lainnya pada sibuk belajar komputer maupun bahasa inggris secara privat, gw cuman bisa ngeliatin sambil ngarep hehehehe... Bokap-Nyokap mungkin sih mau-mau aja ngikutin gw les, cuma gw enggan aja untuk memintanya kepada mereka. Mungkin kalo gw minta, Bonyok sih mau-mau aja ngikutin gw les B. Inggris atau komputer, cuman gw nya aja gak tega, karena pada saat itu juga kakak gw mulai masuk SMA dan adek-adek gw udah mulai masuk sekolah formal masing-masing. Gw gak mau menambah beban orang tua dengan keinginan untuk ikut merasakan segala 'kemewahan' tersebut. Keadaan seperti itu tidak menyurutkan keinginan gw untuk bisa bersaing dengan anak-anak yang menikmati 'kemewahan' itu, justru itu menjadikan gw semacam pecut (ciee ieeleehh... emang kuda) untuk bisa mengalahkan hambatan-hambatan ini.

Mulailah gw mengembangkan kemampuan untuk mempelajari sesuatu secara sendiri (nama kerennya Autodidak hehehe.. bener gak sih nulisnya??). Karena gw gak mampu untuk ikut les b. inggris, gw gak mau kalah, gw mulai membaca-baca buku-buku berbahasa inggris bahkan kamus b. inggris, juga gw baca hehehe... selain itu juga gw mulai sering dengerin lagu-lagu berbahasa inggris. Gw inget waktu itu gw suka dengerin kaset-kaset lagu barat milik Oom gw atau punya Tante gw (belum ada MP3 waktu itu cuuyy..). Untuk komputer, gw suka ikut nebeng pake sama temen gw yang kebetulan punya komputer dan juga sering minta diajarin pengoperasiannya. Alhamdulillah meskipun gak keluar biaya tambahan, kemampuan gw gak kalah sama temen-temen lainnya yang dapat fasilitas les dari orang tuanya, sehingga gak malu-maluin laaah gw hehehe... Selain itu, sama kayak anak-anak abege lainnya gw juga mulai jadi anak Band hehehe... gw sih ngikut-ngikut aja sama temen gw yang kebetulan orang tuanya punya usaha menyewakan alat-alat band buat kondangan.

Lagi-lagi gw belajar secara autodidak, dari mulai gitar, bass, keyboard sama drum gw berusaha belajar dan coba kuasain. Walhasil, gw bisa dikit-dikit maen gitar and maen drum. Berbekal kemampuan gak seberapa itu, gw mulai bikin band sama temen-temen lainnya. Gw didaulat untuk maen drum (karena kebetulan gak banyak yang bisa maen drum), mulai lah gw nge-band bareng temen-temen gw. Latihan biasanya dilakukan di tempat temen gw yang punya persewaan alat band itu. Waktu itu nama band gw Kisi-Kisi Band (Kisi-Kisi means 'outline', karena kita ini belum jadi band beneran ahahaha...) Lagu-lagu yang dibawain waktu itu jaman-jamannya Slank banget deh.. hehehe.. Masalah manggung, woow jangan ditanya. Kita dah sering manggung, biasanya ngikut band kondangan kawinan punya bokap nya temen gw itu (wedding band di kampung-kampung gitu deh ceritanya hehehehe...). Lumayan bisa manggung sambil makan gratis hehehe...

(to be continued...)




3 komentar:

  1. Boss.. gue serasa baca "biografi penulis" di buku2...hehehhee..

    BalasHapus
  2. bener2 menyentuh dan menyayat hati....

    tp gue yakin skr bonyok lo da bangga dengan anaknya,,,,, krn anaknya sudah punya BLACKBERRY BOLD.........

    ditunggu kehadiran part II nya ya.....

    auch auch auch....
    mita tanda tangan dan cap bibir dunk!!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  3. Weeehehehehe, jadi tau sisi lain hidupnya seorang Wildan..

    Tapi gw masih gak percaya lo pemalu (pemuda makan melulu), bukannya rajin diet?

    Hahahahahaha!

    Just kidding

    BalasHapus